Sabtu, 19 Maret 2016

Perintah MySQL Lanjutan

  
   Dalam postingan Saya kali ini saya akan membahas mengenai perintah mysql lanjutan. tetapi tidak semua yang akan saya posting mengenai perintah mysql lanjutan tetapi hanya mengenai perinta select dari banyak table menggunakan join.
  
      Perintah SELECT Dari Banyak Table Menggunakan Join.

   Di dalam database pasti memiliki beberapa tabel. dan dari tabel-tabel tersebut pasinya saling berhubungan satu dengan yang lain atau dengan kata lain memiliki relasi.relasi antar tabel bisa berupa 1-1, 1-M, atau M-N.
  
   Pada prateknya biasanya kita harus menampilka data bukan dari 1 tabel tetapi lebih dari satu tabel. Berikut ini saya akan memberikan contoh menampilkan data dari dua tabel yaitu tabel pelanggan dan tabel pesan.

     INNER JOIN.

   Dengan inner join, tabel akan digabungkan dua arah, sehingga tidak ada
data yang NULL di satu sisi.
Sebagai contoh, kita akan menggabungkan tabel pelanggan dan pesan dimana kita akan menampilkan id_pelanggan,nama_pelanggan,id_pesan dan tanggal_pesan.
 Ini Tabel pelanggan.
 
 Tabel Pesan.
 
    Dari Tabel di atas disini kita akan menggabungkan dan kita akan menampilkan dari kedua tebel di atas yaitu id_pelanggan, nama_pelanggan, id_pesan dan tgl_pesan.menggunakan perintah
 # SELECT pelanggan.id_pelanggan,pelanggan.nama_pelanggan, pesan.id_pesan, pesan.tgl_pesan FROM pelanggan,pesan INNER JOIN pesan;

 Maka hasilnya Seperti gambar di bawah ini.

    Dalam perintah ini juga bisa menggunakan perintah where.
 Perintah where ini berfungsi untuk kondisi dari suatu tabel tersebut. syntaknya menggunakan sama seperti yang di atas hanya ketambahan where.
 # SELECT data yang kan ditampilkan FROM tabel INNER JON tabel hasil yang akan di tampilkan WHERE kondisi.

OUTER JOIN.
   
  Perintah ini akan mrnggabungkan tabel dalam satu arah maka apabila dalam satu table ada yang kosong/null maka akan tetap tampil null/kososng. Di outer join ini terbagi menjadi dua yaitu LEFT JOIN dan RIGHT JOIN.

 LEFT JOIN.

 Sintak adalah seperti pada di bawah ini.
 # SELECT data yang akan di tampilkan FROM nama table yang akan di gabungkan. LEFT JOIN  tabel yang akan menampilkan data.

 Di sini yang menjadi acuan adalah tabel yang berada di bagian kiri. dan table yang berada di bagian kiri akan tampil semua meskipun itu null/kososng tapi tetap pasti akan tampil. 

RIGHT JOIN.
  
  Sintaknya adalah sama seperti yang di atas.
      # SELECT data yang akan di tampilkan/gabungkan FROM nama tabel RIGHT JOIN tabel yang akan menampilkan data.

  Di dalam right join yang menjadi acuan adalah tabel yang berada disebelah kanan. jadi semua isi table yang di sebelah kanan akan tampil semua meskipun itu null/kosong tetap dia akan tampil.

   Disini saya hanya mengasih sintaknya saja tidak dengan contohnya seperti di atas. karena yang saya kasih contoh hanyalah yang inner join.

Sekian dulu postingan saya mengenai perintah mysql lanjutan yang mengenai perintah select menggabungak table sebenarna masih banyak perintah-perintah mysql lanjutan yang lain dan mungkin akan saya posting di lain waktu. dan apabila dari postingan saya kali ini banyak kesalahan saya mohon maaf karena saya juga masih dalam proses belajar. dan semoga postingan saya kali ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar, yang baik akan di balas dengan baik Pula.
Komentarmu Cerminan Hidupmu.