Selasa, 29 Maret 2016

Perancangan Sistem Informasi Klinik

Perancangan Sistem Informasi Klinik

Kemarin saya sudah memposting mengenai sistem. mulai dari pengertian sampai analisanya. nah setelah kita mengetahui mengenai apa itu sistem kali ini saya akan mempraktikan mengenai hasil postingan yang kemarin yang mengenai sistem. tetapi kali ini saya hanya memposting mengenai membuat rancangan sistem yang akan di buat. dan kali ini sistem yang saya buat adalah sistem informasi klinik.
 
Perancangan Sistem Informasi Klinik Adalah suatu sistem yang berjalan di suatu usaha di bidang kesehatan. klinik adalah suatu fasilitas kesehatan publik kecil yang didirikan untuk memberikan perawatan kepada pasien luar. Biasanya klinik hanya mengobati penyakit-penyakit ringan seperti demam dan sebagainya, sedangkan kasus-kasus yang lebih parah diajukan ke rumah sakit.

  Nah setelah kita mengetahui apa itu klinik, kita harus tahu juga untuk apa klinik di dirikan klinik di dirikan yaitu untuk memberikan fasilitaskesehatan kepada masyarakat luar. tetapi klinik hanya mengobati penyakit-penyakit yang ringan seperti, flu,batuk dll. apabila penyakit dalam yang parah biasanya di sarankan untuk di bawa ke rumah sakit.

Ok ..... sekarang kita sudah tau mengenai pengertian klinik dan tujuan di dirikanya klinik nah sekarangkan kita sudah punya gambaran sediklah mengenai sistem yang berada di klinik.  sekarang waktunya kita untuk membuat rancangan mengenai sistem informasi klinik.

Langkah-langkahnya :
  1.  Buat database yaitu klinik. setelah kita buat database. nah pastinya di dalam database itu terdapat tabel-tabel yang saling berhubungan sehingga nantinya bisa berjalan menjadi sistem. di sini saya membuat databse saya db_klinik.
  2. Buat tabel.  Tabel ini berfungsi untuk tempat data-data dari beberapa informasi yang nantinya akan di hubungkan antara tabel satu dan tabel yang lain dan menjadi sutau kesatuan yang saling berhubungan sehingga bisa menjadi sistem informasi yang baik. Nah di bawah ini adalah beberapa tabel yang saya buat untuk sistem klinik nantinya di sini saya hanya menampilkan tabel pasian, karyawan/dokter dan obat. sebenarnya masih ada lagi tabel-tabel yang lain. dan itu bisa anda kembangkan sendiri.


 Sebenarnya dari 3 tabel ini kita bisa buat relasi yang nantinya akan kita buat untuk di jadikan suatu sistem informasi contohnya yaitu : pasien yang setelah melakukan pemeriksaan dan harus membeli obat/tebusan obat. nah dari 2 tabel yaitu bisa di jadikan sistem  pembayaran. hubungan dari tabel pasien yang membeli obat dan tabel obat yang di tebus/di beli oleh pasien. 

Ok mungkin kali ini saya hanya memposting rancangan sistem informasi klinik tentang pembuatan database dan klinik saja. tetapi langkah-langkah rancangan selanjutnya akan saya posting besok. dan semoga postingan saya kali ini bermanfaat dan selamat mencoba .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar, yang baik akan di balas dengan baik Pula.
Komentarmu Cerminan Hidupmu.