Senin, 07 Maret 2016

Perbedaan Mysql Dan Mysqli

Perbedaaan Mysql Dan Mysqli

Terhitung dari PHP versi 5.5, extension mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita disarankan untuk mulai beralih menggunakan mysqli atau PDO.

Mysqli merupakan kependekan dari MySQL Improved Extension. Seperti yang terlihat dari namanya, extension ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension mysql sebelumnya yang umum digunakan. Extension mysqli dibuat untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.

Secara garis besar tidak terlalu kelihatan perbedan antara MYSQL Dan MYSQLI. nama-nama fungsinya pun tidak jauh berbeda bahkan fungsi-fungsi mysqli masih hampir sama dengan yang dulu yaitu mysql.

Sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MySQL Server, di dalam mysql kita menggunakan fungsi mysql_connect(), sedangkan di dalam mysqli, kita menggunakan mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi lain seperti mysql_query() menjadi mysqli_query().

Selain menambah huruf “i” di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension mysql umumnya kita meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam mysqli, argumen ini diteletakkan di awal.

Sebagai contoh, di dalam mysql kita menulis:

1
mysql_query("SELECT * FROM mahasiswa_ilkom", $link)
Sedangkan di dalam mysqli penulisannya menjadi:

1
mysqli_query($link, "SELECT * FROM mahasiswa_ilkom")
Namun perbedaan paling mendasar di dalam mysqli adalah: mysqli mendukung cara penulisan object oriented programming.

Referensi :
Duniailkom.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar, yang baik akan di balas dengan baik Pula.
Komentarmu Cerminan Hidupmu.