Minggu, 10 April 2016

Workshop Bersama PHP INDONESIA Tentang PostgreSQL

Pada minggu tanggal 10 April 2016 Blc telkom mengadakan workshop bersama PHP Indonesia mengenai Postgresql yang di isi oleh Mbk April dari PHP Indonesia. pada workshop kali ini kita di jelaskan mulai dari pengertian postgresql, instalasi,praktek membuat database menggunakan postgresql,membuat tabel, dan Sampai mengkoneksikannya.

Pengertian PostgreSQL.
PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.
PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data”
Referensi : wikipedia.org

Instalasi Postgresql
Untuk Proses instalasi ini apabila anda sudah menginstal webserver seperti xamp/apache ,  php5. kita harus menginstal php5-pgsql karena untuk postgresql kita harus menginstal dulu php5-pgsql supaya postgresql bisa terinstal dan di gunakan.
 Cara instalasi postgressql seperti dibawah ini.
# apt-get install postgresql postgresql-contrib 
 
Tunggu proses  instalasi  hingga selesai.

Akses postgresql.
Nah setelah di instal ini saatnya kita untuk mencoba mengaksesnya.dan cara mengakses postgresql hampir sama dengan cara ketika kita ingin mengakses/masuk ke mysql. yaitu seperti berikut ini.
Ini untuk kita bisa  masuk ke postgresql.
 Dan jika perintah di atas berhasil maka hasilnya akan seperti di bawah ini. nah setelah kita bisa masuk ke postgres nah di sini kita bisa membuat databse dan tabel.
 
Dan ini untuk masuk ke postgresnya.
Membuat Database.
Nah setelah mengakses ini saatnya kita untuk  membuat database di postgres dan berukut ini caranya.
Nah di atas kan tadi kita sudah masuk ke postgresnya utuk supaya kita bisa.
 Membuat databasenya kita harus keluar dulu menggunakan perintah # \q
 Nah setelah kita keluarseperti pada gambar di bawah ini.
 Ini untuk membuat databae dengan perintah # createdb nama databse. di bawah ini saya membuat database dengan nama fatchur.
 Setelah membuat database supaya kita bisa mengakses database yang telah di buat yaitu kita harus masuk ke databasenya dengan perintah # psql nama database
Nah jika perintah di atas berhasil maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.
Membuat Tabel.
Untuk membuat tabel sebenarnya sih ...hampir sama dengan membuat tabel pada mysql.dan seperti di bawah ini saya mencoba untuk membuat tabel teman. yang berisi field-field data teman.
Type Data.
Untuk type data hampir sama dengan sql tapi di postgres ini ada salah satu type data yaitu uuid. uuid ini hampir sama dengan type data ketika kita membuat contoh field id. yang typenya adalah biasanya jika di mysql yaitu int(integer). tapi uuid memiliki kelebihan yaitu apabila kita menggunakan type uuid ini maka nanti field yang kita masukan untuk uuid ini akan berbentukekripsi seperti MD5. dan ini adalah salah satu kelebihan dari security postgres yang nantinya tidak bisa mudah di hack.
Dan berikut ini saya akan memberikan cara untuk membuat typte data uuid.
Ini untuk  membuat type uuid.

 Setelah itu tambahkan kolom yang akan menggunakan type uuid. di sini saya mencoba yang menggunakan type uuid adalah kolom field tambah_teman.
 Dan untuk meliha hasinya yaitu menggunakan perintah # \d nama tabel
 Maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
Koneksi ke Postgresql.
 Untuk membuat script koneksi ke postgresql  hampir sama dengan membuat script untuk koneksi ke mysql. tetapi hanya ada beberapa kelebihan yaitu jika di postgresql kita harus menambahkan variabel posrt. dan posrt untuk postgres adalah 5432.
Dan berikut ini contoh script koneksi ke postgresql.
 Maka anda coba buka di browser seperti di bawah ini.dan ini adalah jika proses script untuk koneksi kita berhasil.
Dan apabila anda mendapat kesulitan dari proses di atas dan jika errornya itu blak/tidak muncul apa-apa maka caranya yaitu anda harus mengaktifkan dulu php5-pgsql yang tadi anda instal dengan perintah # service php5-pgsql start kemudian di restart apachenya dengan perintah # service apache2 restart
Dan apabila di perintah di atassudah di jalnkan dan anda mendapatkan error masih gagal koneksi. maka periksa script anda mungkin ada yang salah tulisan dari script yang anda buat.
Documentasi.
Dan ini documentasi pada saat acara worksop berlangsung.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar, yang baik akan di balas dengan baik Pula.
Komentarmu Cerminan Hidupmu.