Jumat, 13 November 2015

OSI LAYER DAN PROTOKOL


PENGERTIAN
Open Systems
Interconnection (OSI)
adalah sebuah model
referensi arsitektur
antarmuka jaringan yang
dikembangkan oleh ISO
yang kemudian menjadi
konsep standard
komunikasi jaringan di
hampir semua perangkat
jaringan.


MAC ADDRESS
- MAC : Media Access Control
- Digunakan sebagai identitas yang unik dari setiap interface hardware, yang merupakan identitas untuk berkomunikasi di layer 2.
- Sebagian bit merupakan identitas pabrik pembuat hardware.
- 48 bit Hex. Contoh : "AA:BB:CC:DD:EE:FF"
- Jika sebuah router memiliki 3 interface fisik, maka akan memiliki 3 buah mac address.
- Untuk virtual interface (VLAN, EoIP) maka ditambahkan mac address virtual.
 ARP Table


Address Resolution Protocol ( ARP ) adalah protokol telekomunikasi yang digunakan untuk resolusi alamat lapisan jaringan ke alamat link layer , fungsi penting dalam jaringan multi- akses . ARP didefinisikan oleh RFC 826 pada tahun 1982. [ 1 ] Hal ini Internet Standard STD 37. Itu juga merupakan nama program untuk memanipulasi alamat ini di sebagian besar sistem operasi .

 IP  ADDRESS 
Internet Protocol Address ( atau IP Address ) adalah alamat unik yang perangkat komputasi gunakan untuk mengidentifikasi sendiri dan berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan Internet Protocol . Setiap perangkat terhubung ke jaringan IP harus memiliki alamat IP yang unik dalam jaringan . Sebuah alamat IP adalah analog dengan alamat jalan atau nomor telepon dalam yang digunakan untuk mengidentifikasi secara unik perangkat jaringan untuk menyampaikan pesan email , atau panggilan ( " tampilan " ) websi

PENGELOMPOKKAN IP ADDRESS




CONTOH IP SUBNETING

 Tabel subneting


public and private ip address


Sebuah alamat IP publik adalah alamat IP yang dapat diakses melalui Internet . Seperti alamat pos digunakan untuk memberikan surat pos ke rumah Anda , alamat IP publik adalah alamat IP global yang unik yang ditugaskan ke perangkat komputasi . Alamat IP publik Anda dapat ditemukan di halaman Apa IP Address saya . Alamat IP pribadi di sisi lain digunakan untuk menetapkan komputer dalam ruang pribadi Anda tanpa membiarkan mereka langsung mengekspos ke Internet . 


 Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

UDP


Konsep UDP
UDP ( User Datagram Protocol ) adalah transport layer yang tidak andal ( unreliable ), connectionless dan merupakan kebalikan dari transport layer TCP. Dengan menggunakan UDP, setiap aplikasi socket dapat mengirimkan paket – paket yang berupa datagram. Istilah datagram diperuntukkan terhadap paket dengan koneksi yang tidak andal ( unreliable service ). Koneksi yang andal selalu memberikan keterangan apabila pengiriman data gagal, sedangkan koneksi yang tidak andal tidak akan mengirimkan keterangan meski pengiriman data gagal.

TCP


 Konsep Dasar TCP
TCP ( Transmission Control Protocol ) merupakan protocol transport yang andal ( reliable ), hal ini dikarenakan protokol TCP mempunyai mekanisme yang memastikan packet dapat diterima oleh client. Pada saat TCP mengirimkan data ke penerima, TCP akan memberikan state acknowledgement. Apabila state acknowledgement tidak diterima, maka TCP akan secara otomatis mengirim ulang data dan menunggu dengan selang waktu tertentu namun apabila dalam selang waktu tertentu TCP gagal mengirimkan data, maka koneksi akan dihentikan. 

PRINSIP KERJA TCP












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar, yang baik akan di balas dengan baik Pula.
Komentarmu Cerminan Hidupmu.