Senin, 21 Maret 2016

Manipulasi Strings

 Manipulasi Strings

Manipulasi string biasa digunakan untuk mengolah suatu inputan atau data dari databases yang di masukan oleh user. Dan biasanya manipulasi ini di gunakan untuk mengecek suatu data yang di inputkan apakah sudah memang benar/cocok apabelum seperti mencocockan suatu password, user name dan masih banyak lagi.

Menghitung Jumlah katarakter dalam Strings.

Untuk menghitung jumlah karakter dalam string, digunakan fungsi strlen();
     Contoh :

ini adalah contoh scriptnya.
  Din ini adalah hasilnaya.
Membandingkan 2 Srtings.

 Membandingkan 2 string biasanya digunakan untuk pencocokan password, nama  atau.pencocokan email dan lain sebagainya. Di gunakan fungsi strcmp(); implementasinya seperti ini :
ini adalah contoh scriptnya.
 
Dan ini adalah hasilnya dimana hasilnya itu tertuliskan salah karena password yang asli dengan yang di masukan ke database tidak sama. dan apabila sama maka hasilnya adalah password anda benar.




Mengkapitalkan string
 Ini adalah istilah lain dari mengubah text yang tadinya huruf kecil semua menjadi huruf besar semua. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan menggunakan strtoupper(); Implementasinya adalah sebagai berikut :
ini adalah contoh scriptnya.

Dan ini adalah hasilnya ketika di buka di browser maka tulisan yang anda masukan di dalam script berhurut kecil apabila di  kasih string toupper maka akan menjadi huruf kapital.




Menjadikan string huruf kecil semua.
 Kebalikan dari strtoupper adalah sdtrtolower ;
implementasinya adalah sebagai berikut :

 ini adalah contoh scriptnya.

   Dan ini hasilnya kebalikan dari manipulasi string yang di atas. apabila yang di atas menjadikan huruf kapital yang ini adalah menjadikan huruf kecil.


Mengubah baris baru menjadi.
Ketika anda mengetikkaan sebuah kalimat dalam PHP seperti ini, dengan banyak baris di dalamnya ...

Ini adalah contoh script  yang tidak menggunakan string untuk mengubah baris baru.
Dan hasilnyapun akan masih tetap menjadi 1 baris.

Dan ini script yang menggunakan baris baru. dan harus di buat per baris apabia tidak di buat perbaris maka hasilnya akan tetap menjadi 1 baris meskipun scriptnya ada tambahan script strings untuk membuat baris baru.

   Dan ini adalah hasilnya. dan script di atas adalh script untuk mempersingkat suapaya kita tidak berulang-ulang memasukan script <br></br> untuk buat baris baru.
 Memecah string ke dalam array dengan explode.
Mungkin dari temen temen ada yang kesulitan tentang bagaimana memecah string yang terdiri dari kata-kata menjadi array.
       Contoh : 
Ini adalah contoh Scriptnya.
 Dan ini adalah hasilnya.


Menggabungkan array menjadi satu kesatuan dengan implode.
 Apabila di atas explode adalah untuk memecah string menjadi array kali ini implode berfungsi sebaliknya yaitu menggabungkan array-array menjadi strings. 
       Contoh :
Ini adalah contoh scriptnya.
 Dan ini adalah hasilnya.
Sekian dulu postingan saya mengenai manipulasi strings untuk belajar php sebenarnya masih banyak manipulasi strings yang lain dan mungkin akan saya posting di lain waktu. dan semoga postingan saya ini bermanfaat dan selamat belajar dan mencoba yaaa...... 
Dan apabila terdapat kesulitan atau masalah bisa konfirmasi kepada saya dengan cara berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar, yang baik akan di balas dengan baik Pula.
Komentarmu Cerminan Hidupmu.